3 Cara Tepat Pilih Selebgram untuk Endorsement

selebgram

Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan media online sangat berpengaruh pada keberlangsungan perusahaan. Misalnya manfaat website untuk perusahaan Anda yang bisa jadi media untuk mendapatkan informasi terkait dengan produk yang Anda pasarkan. Sedangkan untuk menyebarluaskan produk tersebut bisa menggunakan media sosial seperti instagram.

Untuk brand awareness itu sendiri, penggunaan jasa selebgram cukup berpengaruh. Walaupun saat ini pengaruhnya tidak terlalu besar seperti dahulu, terutama di awal-awal penggunaan instagram, namun efeknya masih ada.

Selebgram yang dipilih untuk bisnis anda tersebut juga tidak bisa sembarangan. Anda harus memperhatikan hal berikut sehingga hasil iklan bisa menghasilkan dan Anda tidak merugi:

  1.   Followers dan Engagement

Seperti yang diketahui, selebgram memiliki followers minimal 20K. namun, tidak semua follower tersebut adalah akun asli. Beberapa diantaranya justru menggunakan akun palsu. Karena hal tersebut, cek apakah follower akun tersebut asli atau tidak.

Salah satu caranya adalah dengan mengecek apakah komunikasinya lancar atau tidak dengan melihat di bagian komentar. Selebgram yang memiliki tingkat engagement tinggi memiliki interaksi dengan follower yang baik. Percuma jika Anda melakukan endorse namun iklan yang dipasang tersebut tidak mendapatkan respons yang positif.

Untuk tahu tingkat engagement lebih komplit, Anda bisa menggunakan tools yang banyak Anda temukan di internet. Misalnya omnifluencer.

follower

  1.   Report dan Profesional

Sebagai pihak yang menggunakan jasa selebgram, tentunya Anda menginginkan hasil endorse yang sesuai dengan tujuan awal. Misalnya untuk meningkatkan konversi. Karena hal tersebut, sebelum Anda bekerja sama dengan influencer, Anda bisa menanyakan bagaimana insight dari selebgram tersebut. Salah satunya adalah insight stories.

Selain itu, pilih selebgram yang profesional. Misalnya memposting endorse produk sesuai dengan brief yang sudah ditentukan sebelumnya, termasuk untuk pose, pakaian dan juga caption yang digunakan.

  1.   Membandingkan

Dalam memilih selebgram yang akan Anda endorse, hubungi lebih dari 1 selebgram. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan selebgram yang tepat dan sesuai dengan produk Anda. Akan terasa percuma jika selebgram tersebut memiliki engagement bagus namun tidak sesuai dengan target pasar Anda. Hasilnya, bukan menguntungkan namun malah merugikan.

Untuk membandingkan, Anda bisa menggunakan tool ataupun membandingkan secara manual. Misalnya dari tarifnya, apa saja yang akan Anda dapatkan dan juga tingkat dari engagement tersebut.

Jangan terburu-buru untuk menentukan akan menggunakan selebgram yang mana. Ini karena penggunaan endorsement yang tepat akan memberikan keuntungan jangka panjang. Misalnya tingkat kepercayaan pada produk Anda menjadi meningkat sehingga konversi produk juga meningkat. 

Close