Cara Membuat Logo dengan Photoshop dalam Hitungan Menit

Membuat logo untuk pemula bisa jadi membuat kepala pusing dan berkeringat dingin. Apalagi bagi yang tidak akrab dengan aplikasi editing gambar. Tidak semua orang belajar cara membuat logo dengan Photoshop.

Jika sudah tahu, membuat logo dengan Photoshop sangatlah gampang. Dalam hitungan menit pun logo bisa jadi. Untuk itu perlu belajar bagaimana cara membuat logo dengan Photoshop untuk pemula.

Langkah Membuat Logo Dengan Photoshop

desain photoshop

Persiapan

Sebelum mulai masuk ke langkah teknis, kamu perlu persiapkan terlebih dahulu bahan dan sarananya. Kamu akan perlu aplikasi Photoshop, terserah CS berapa, fiturnya tak jauh beda.

Selain itu, kamu harus sudah menyediakan gambar yang mewakili bisnis atau komunitas kamu. Bisa cari dan download di internet. Tutorial ini hanya akan menunjukkan langkah mudah membuat logo secara singkat dengan Photoshop.

Langkah Teknis

  1. Buka aplikasi Photoshop di PC atau laptop kamu, lalu pilih File>New untuk membuat canvas baru.
  2. Atur ukuran canvas sesuai kebutuhan kamu. Prinsipnya, semakin besar resolusinya, semakin baik dan tidak pecah, tapi ukurannya semakin besar.
  3. Setting pula warna canvas. Pilih warna yang paling sesuai dengan brand, merek bisnis atau komunitas kamu. Pilih OK.
  4. Buat sebuah lingkaran di tengah canvas dengan tool Elliptical MarqueeTool.Atur ukuran lingkaran agar tidak terlalu kecil karena kita akan meletakkan simbol di tengah logo. Jangan pula terlalu besar karena kita akan menambahkan lingkaran di bagian luar.
  5. Klik kanan lingkaran tersebut lalu pilih menu Stroke untuk mengatur ketebalan garisnya.
  6. Buat lingkaran baru sebagai bayangan dari sudah ada. Sambil kursor menunjuk pada shape 1 (lingkaran 1), gunakan tool Rounded Rectangle Tool. Geser dan lepas sesuai kebutuhan.
  7. Untuk memasukkan nama brand, pilih shape 2 dari jendela di kanan bawah. Lalu pilih tool Horizontal Type Tool dari toolbar di sebelah kiri. Ketikkan nama brand untuk logo kamu di bagian atas lingkaran. Gunakan shortcut Ctrl+T untuk menempatkannya tepat di tengah.
  8. Pilih lagi shape 2 dari jendela di kanan bawah, lalu gunakan shortcut Ctrl+J untuk membuat duplikat layer. Pilih Horizontal Type Tool dari toolbar di sebelah kiri. Ketikkan nama brand atau tagline logo kamu di bagian bawah lingkaran. Gunakan lagi shortcut Crtrl+T.
  9. Tempatkan kursor pada tulisan kedua lalu klik kanan dan pilih Flip Horizontal untuk membalik huruf agar lebih terlihat artistik.
  10. Sembunyikan shape 2 dengan menekan simbol mata di jendela kanan, sehingga hanya terlihat 1 lingkaran di canvas.
  11. Buat lingkaran baru dengan tool Elliptical MarqueeTool. Pastikan garisnya berpotongan dengan nama brand kamu. Atur ketebalannya seperti yang sudah dicontohkan.
  12. Selanjutnya kita perlu menghilangkan garis lingkaran yang berpotongan. Caranya pilih lingkaran tersebut, lalu gunakan tool Rectangular Marquee Tool. Tempatkan sehingga garis yang berpotongan ada di dalam kotak, lalu tekan tombol delete.
  13. Gunakan cara yang sama untuk menghapus garis di bagian bawah.
  14. Terakhir, sisipkan gambar logo yang sudah kamu siapkan sebelumnya tepat di tengah-tengah canvas. Logo pun sudah jadi.

Penyimpanan

Pilih menu File>Save As sesuai yang Anda inginkan. Lebih baik untuk menyimpan logo kamu dalam bentuk PSD terlebih dahulu. Baru kemudia disimpan ulang dalam bentuk PNG atau JPG.

Nah, demikian tutorial https://www.sribu.com/id/cat/jasa-video-editor cara membuat logo dengan Photoshop untuk pemula sekali. Kamu perlu berlatih banyak agar lancar dalam membuat logo untuk organisasi dengan Photoshop.

Close