Cara Membuat Video Tutorial Youtube

Seseorang biasanya akan lebih memahami media audio online untuk mempelajari sesuatu. Media audio online atau biasa kita sebut dengan video juga dianggap lebih efektif daripada proses membaca.

Apakah video tutorial itu?

Video tutorial adalah video yang mengajarkan beragam tutorial dalam berbagai bentuk. Saat ini, video tutorial dapat memudahkan orang lain untuk mengaplikasikan langsung materi dari video yang telah di tonton.

Saat ini media yang paling sering di gunakan seseorang dalam membuat video tutorial adalah youtube. Lewat youtube, orang akan mengupload video dan ditonton oleh banyak orang. Tapi dibalik itu semua, tidak mudah untuk sukses di youtube. Bagaimanakah caranya membuat video tutorial yang menarik? berikut halaman ini akan membahasnya:

1.Buat Konsep Video

Konsep sangat dibutuhkan dalam pembuatan video. Karena konsep merupakan titik awal untuk anda melangkah pada step-step yang selanjutnya. Dan lewat konsep juga anda dapat mengembangkan ide-ide yang ada.

Tentukan terlebih dahulu video apa yang anda akan buat. Bagaimana optimasinya, dan siapa saja yang di targetkan untuk menonton.

2. Atur Plot Video

Video tutorial adalah video yang berisi tahapan, proses dan cara cara dalam melakukan sesuatu. Untuk itu anda harus merancang terlebih dahulu video yang akan anda tampilkan.

Atur plot dan susun video secara sistematis, ringkas, jelas dan mudah di pahami. Jangan sampai video anda terkesan bertele-tele dan tidak memiliki nilai deskriptif dalam menjelaskan sesuatu. Anda juga dapat menggunakan beberapa aplikasi editing video seperti Camtasia, Filmora, dan lainnya.

3. Atur Durasi Video

Biasanya penonton tidak akan tertarik pada video yang berdurasi lama, tentu akan menghabiskan waktu mereka dan melindungi kuota internet pastinya. Hal ini menjadi membingungkan untuk peng upload video tutorial yang harus mendeskripsikan dan menjelaskan sesuatu se detail mungkin lewat video tersebut.

Anda dapat mencari solusinya dengan memecah video menjadi beberapa part atau bagian. Seperti part 1, part 2, dan part seterusnya.

4. Metode Animasi VideoScribe

Jika video tutorial yang akan anda buat adalah video yang berkenaan dengan instalasi software, registrasi, fotografi, dan lainnya mungkin anda dapat menggunakan animasi daripada slideshow. Dengan animasi, video anda akan terlihat lebih hidup dan menarik serta mudah di pahami oleh penonton.

5. Gunakan Video Dengan Resolusi Tinggi

Kualitas gambar sangat mendukung dan menjadi daya tarik tersendiri untuk para penonton anda. jadi, usahakan jangan mengupload video yang ala kadarnya dan  usahakan untuk menggunakan gambar HD atau beresolusi besar.

Dengan menggunakan gambar HD juga anda tidak perlu khawatir jika video anda akan di akses lewat perangkat seluler kelas menengah atau bawah, karena gambar yang akan di hasilkan akan tetap jelas dan tidak mengalami interlaced.

Close