Mana yang Lebih Bagus, Caption Panjang atau Pendek?

long short caption

Caption menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan saat Anda mengelola media sosial terutama untuk bisnis.Penggunaan dan penulisan caption yang tepat akan sangat berpengaruh pada tingkat penjualan produk.

Ada yang menyarankan lebih baik menggunakan caption yang panjang, namun ada pula yang menyarankan untuk menggunakan caption yang pendek. Namun, manakah yang lebih baik? Apakah menggunakan caption yang panjang atau caption yang pendek? Untuk tahu lebih lengkap, baca selanjutnya di sini.

Semuanya Bagus

Baik caption panjang ataupun caption pendek, keduanya sama-sama bagus dan memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Namun, penggunaan caption tersebut harus Anda sesuaikan dengan kepentingan dan pesan yang ingin disampaikan. Misalnya untuk iklan. Anda tidak bisa menggunakan caption yang terlalu panjang untuk beriklan di media sosial seperti di instagram. Semakin pendek caption yang dipergunakan maka hasilnya akan lebih efektif.

Sedangkan jika Anda hendak menggunakan caption yang panjang, sebaiknya dipergunakan untuk sharing misalnya berita, informasi ataupun tutorial dan cerita. Dengan kata lain, caption panjang lebih baik dipergunakan untuk menyampaikan sesuatu yang lebih informatif.

Baik pendek ataupun panjang, perhatikan pada karakter yang tersedia di instagram. Media sosial tersebut memungkinkan Anda untuk membuat caption dan hastag hingga 2.200 karakter. Walaupun keduanya sama-sama baik, menurut Sprout Social seperti yang dilansir di socialmediacollage, caption ideal adalah 135-150 karakter.

writing caption
menulis caption

Cara Membuat Caption untuk Menaikkan Engagement Rate

Baik panjang atau pendek, namun caption memiliki pengaruh untuk menaikkan engagement rate. Engagement rate ini sendiri menjadi tolak ukur apakah instagram tersebut bagus atau tidak. untuk itu, Anda bisa membuat caption berkualitas dengan cara berikut ini:

  1. Buat caption yang jelas dan sesuai konten. Baik caption panjang ataupun pendek, tuliskan caption yang jelas sesuai dengan kebutuhan atau tujuan. Misalnya  untuk iklan di Instagram, sertakan caption yang singkat, padat, jelas tentang produk atau sesuai dengan kontennya.
  2. Gunakan kalimat Tanya untuk memancing follower berkomentar. Dengan begitu, interaksi yang terjadi juga akan semakin tinggi.
  3. Menggunakan emoji untuk menguatkan perasaan atau kata-kata yang tertulis lewat caption tersebut. Penggunaan emoji juga akan memberikan kesan yang ramah, lucu dan lebih casual.
  4. Gunakan hastag yang sederhana dan mencakup keseluruhan dari konten yang hendak Anda sampaikan. Misalnya Anda menjual tas murah, maka sertakan hashtag #tasmurah.

Namun hal yang penting yang tidak boleh dilupakan adalah, perhatikan typo. Kesalahan typo bisa menyebabkan keprofesionalan Anda berkurang. Jadi lebih teliti dan kreatif menulis caption! Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Close