Mengenali Fungsi dan Jenis Desain Logo Untuk Membangun Sebuah Brand

Mengenali Fungsi dan Jenis Desain Logo Untuk Membangun Sebuah Brand

Logo merupakan sebuah simbol yang bisa berupa gambar atau tulisan untuk menunjukkan sebuah identitas dari suatu perusahaan, instansi, organisasi, lembaga, negara atau brand. Tujuan utama pembuatan desain logo yaitu agar mudah diingat oleh orang yang melihatnya. Dalam mendesain logo tidak bisa asal-asalan dalam membuatnya. Harus terdapat filosofi dari brand yang dibuat. Dengan demikian desain logo yang dibuat akan menunjukkan identitas dari brand tersebut.

Fungsi Desain Logo

Desain logo juga memiliki beberapa fungsi meliputi:

  1. Sebagai Identitas Diri

Sebuah logo menunjukkan simbol yang bisa menunjukkan sebuah identitas dari suatu brand atau perusahaan, instansi dan lembaga lain.

  1. Menunjukkan Tanda Kepemilikan

Sebuah desain logo juga digunakan sebagai tanda kepemilikan suatu produk atau brand. Dengan demikian, brand yang dibangun tidak sembarangan bisa di klaim oleh orang lain.

  1. Sebagai Kualitas Suatu Brand

Dengan memanfaatkan desain logo yang baik, maka brand yang dibangun akan semakin memiliki nilai tambah dan orang-orang akan semakin mengenalnya. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk menunjukkan kualitas dari brand tersebut.

Jenis-Jenis Desain Logo

Ada bermacam-macam desain logo yang bisa dibuat. Namun, pada dasarnya ada dua jenis desain logo yang sering dibuat, meliputi:

  1. Logotype

Logotype merupakan sebuah logo yang desainnya menggunakan sebuah tulisan. Tulisan tersebut pun juga bermacam-macam, seperti sebuah kata atau nama dari perusahaan. Tulisan yang dibuat bisa dengan menggunakan font biasa atau juga bisa berupa tipografi. Penggunaan logotype sendiri memberikan nuansa simpel dan elegan untuk menunjukkan identitas suatu perusahaan atau instansi.

  1. Logogram

Logogram merupakan sebuah logo yang di desain dengan memanfaatkan unsur gambar, seperti icon atau gambar ilustrasi seperti gunung, rumah, dan lain sebagainya. Gambar yang ada pada logo ini biasanya mengandung filosofi atau ciri dari sebuah brand untuk menggambarkan identitas mereka. Penggunaan logogram memberikan nuansa yang lebih fleksibel dan imajinatif untuk setiap orang yang melihatnya.

Dari dua jenis dasar logo ini, banyak orang juga memilih untuk menggabungkan antara logotype dan logogram. Hal ini biasa dilakukan agar simbol sebagai identitas brand yang mereka bangun menjadi lebih lengkap dan bisa mudah dikenali namanya.

Close