Trik Desain Rumah yang Sederhana dari Kayu

Trik Desain Rumah yang Sederhana dari Kayu

Ada orang yang suka dengan rumah modern tapi ada juga yang suka dengan rumah tradisional misalnya yang terbuat dari kayu. Seiring perkembangan jaman, desain rumah yang sederhana dari kayu bisa juga digunakan untuk membangun konsep rumah modern menarik.  

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan trik seperti berikut ini:

  • Pilih Kayu yang Tepat

Jika Anda ingin membangun rumah dari nol, maka Anda perlu memperhatikan jenis kayu yang digunakan. Tujuannya, agar keamanan keamanan dan kenyamanan Anda tetap terjaga.

Ada beberapa jenis kayu yang bisa digunakan, diantaranya:

  1. Kayu jati.
  2. Kayu merbau.
  3. Kayu kamper.
  4. Kayu meranti merah.
  5. Kayu kelapa.
  6. Kayu gaharu.

Banyaknya pilihan kayu di atas, bisa Anda jadikan pilihan atau pertimbangkan untuk material rumah. Bahkan, Anda bisa mengkombinasikan dengan material lainnya, misalnya batu bata atau kaca.

  • Terapkan Konsep yang Tepat

Rumah yang terbuat dari kayu memiliki banyak konsep yang bisa Anda terapkan. Mulai dari rumah panggung hingga rumah rustic.

(baca; desain rumah islam cantik)

Untuk menerapkan konsep yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan keinginan Anda, tempat dan budget yang Anda miliki.

Kenapa tempat atau lingkungan? Tujuannya agar Anda tetap merasa aman saat tinggal atau meninggalkan rumah dalam kondisi kosong.

  • Menggunakan Perabotan Senada

Memiliki desain rumah yang sederhana yang terbuat dari kayu mau tidak mau membuat Anda harus putar otak.

Trik Desain Rumah yang Sederhana dari Kayu
Trik Desain Rumah yang Sederhana dari Kayu

Kenapa? karena tidak semua interior rumah seperti sofa cocok untuk digunakan di rumah kayu.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba untuk menggunakan sofa yang senada. Senada dalam hal ini bisa berarti senada warnanya, bisa juga senada materialnya.

Untuk warna, Anda bisa menggunakan warna tanah, misalnya coklat. Selain itu, Anda bisa menggunakan warna netral seperti abu tua, lilac hingga hitam.

Dengan begitu, interior dan eksterior rumah terlihat menyatu dan rumah Anda terasa lebih nyaman.

  • Gunakan Cermin

Jika rumah Anda sempit atau minimalis, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan cermin. Cermin ini bisa ditempatkan di salah satu pojok atau dinding ruangan untuk memberikan kesan ruangan lebih besar.

Ukuran cermin bisa disesuaikan dengan besar ruangan. Jadi, Anda antara cermin dan ruangan tetap terlihat seimbang.

Untuk ruangan yang lebih aesthetic, Anda bisa menambahkan bingkai pada cermin yang digunakan. Sebisa mungkin untuk menggunakan bingkai yang senada dengan rumah ya.

  • Jendela Besar

Ketika Anda membuat rumah dari kayu, Anda perlu memperhatikan mengenai kelembaban ruangannya. Ruangan yang terlalu lembab akan membuat kayu cepat lapuk.

Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan bagaimana sirkulasi udara di rumah Anda.

Salah satu caranya adalah menggunakan jendela besar atau ventilasi yang banyak. Dengan begitu, pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik bisa Anda dapatkan.

Dengan beberapa trik tersebut, desain rumah yang sederhana dari bahan kayu bisa membuat hunian Anda menjadi aman dan nyaman. 

Close