Bagian-Bagian Surat Lamaran Kerja

Bagian-Bagian Surat Lamaran Kerja

Pada saat membuat surat lamaran kerja setidaknya menggunakan tulisan yang benar, dengan menunjukan bahwa anda merupakan seseorang yang profesional dan juga beretika. Surat lamaran kerja sering kali dianggap sama dengan sampul surat atau cover letter dan memilki bentuk yang hampir mirip. Namun pada dasarnya memiliki perbedaan. Untuk perbedaan surat lamaran kerja dan cover letter cukup mudah untuk diidentifikasi dari bagian isinya. Surat lamaran kerja merupakan surat yang menunjukan minat dari seseorang pelamar kerja dan biasanya cukup menonjolkan kualifikasi serta sejumlah narasi untuk bisa menarik minat pemberi lowongan pekerjaan. sedangkan untuk cover letter yaitu surat pengantar lamaran pekerjaan. Cover letter ini memiliki bentuk yang lebih sederhana karena hanya berfungsi untuk mengidentifikasi dari siapa yang mengirimkan lamaran kerja. Apabila anda mengirim surat lamaran pekerjaan menggunakan email, maka pengantar yang dituliskan pada bagian body email itu yang disebut dengan struktur atau bagian-bagian surat lamaran kerja.

Bagian-Bagian Surat Lamaran Kerja

Terdapat beberapa struktur surat lamaran kerja yang dapat anda ketahui untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Sehingga apabila anda setelah lulus sekolah atau kuliah bisa membuat surat lamaran kerja dengan baik dan benar. Berikut bagian-bagian surat lamaran kerja, yaitu:

  1. Tempat dan tanggal, jangan sampai pernah lupa untuk menulis nama kota atau tempat dimana untuk surat tersebut diterbitkan serta tanggal penerbitan surat lamaran kerja tersebut. Hal dan lampiran, pada bagian ini anda dapat mengisinya dengan menulis lamaran kerja dan lampiran diisi dengan jumlah berkas yang terlampir. Tujuan, untuk bagian ini menjadi nama instansi atau nama badan usaha yang sedang membuka lowongan kerja tersebut dan anda melamar pekerjaan ditempat tersebut. Salam pembuka, pada bagian ini anda dapat mengisinya dengan kalimat dengan hormat maupun menggunakan ucapan assalamualaikum. Isi surat, menjadi bagian yang terpenting pada saat membuat surat lamaran kerja dan anda dapat menuliskan identitas diri anda pada bagian isi surat ini dengan latar belakang pendidikan serta pengalaman kerja yang anda miliki, kemampuan yang dimiliki, dan yang lainnya. Salam penutup, pada bagian ini berisikan ucapan terima kasih dan juga ucapan harapan anda agar pihak instansi maupun badan usaha tersebut dapat memberikan waktu untuk melakukan panggilan interview dengan anda agar dapat menjalani sesi wawancara atau sesi tes. Nama dan tanda tangan, juga jangan sampai lupa untuk dicantumkan dengan nama serta tanda tangan pada surat lamaran kerja yang akan anda berikan pada perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Bagi anda yang akan membuat surat lamaran kerja, mungkin beberapa penjelasan tentang bagian-bagian surat lamaran kerja diatas dapat membantu anda untuk menambah pengetahuan. Baca juga bagaimana membuat judul karya ilmiah.

sehingga anda dapat membuatnya dengan benar dan jelas. Karena surat lamaran kerja dibuat secara formal serta menggunakan bahasa dan juga sistematika yang wajib diperhatikan.

Close