Bagimana Membuat Judul Karya Ilmiah yang Baik Sesuai Kaidah Penulisan?

Bagimana Membuat Judul Karya Ilmiah yang Baik Sesuai Kaidah Penulisan?

Judul adalah komponen utama yang diperhatikan dan dibaca oleh pembaca dalam setiap karya tulis ilmiah. Hal ini menjadikan judul karya ilmiah menjadi komponen yang krusial karena akan mempengaruhi minat, presepsi dan kesan yang timbul untuk karya tulis ilmiah yang dibuat. Dalam membuatnya tentu akan memperhatikan topik yang diambil, kaidang penulisan dan EYD. Kaidah penulisan judul dipahami dan dipelajari dengan seksama sehingga terciptanya kesinambungan antara satu dengan yang lain.

Apa itu Judul?

Judul merupakan penjabaran dari topik karya tulis ilmiah, sifatnya yang terkadang lebih spesifik sehingga dapat menyiratkan permasalahan dan variabel yang akan dibahasa dalam karya ilmiah tersebut. Secara umum, judul karya ilmiah harus singkat dan padat, menarik dan menggambarkan garis besar topik.

Judul juga sering disebut sebagai identitas karya tulis ilmiah karena dapat menjelaskan garis besar penelitian yang dilakukan sehingga manarik perhatian pembaca untuk membacanya. Ada juga yang menyebut judul sebagai miniatur isi bahasan.

Judul memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai identitas yang mencerminkan jiawa seluruh tulisan, sebagai penjelas dan penarik minta pembaca mengenai sebuah karya tulis ilmiah, sebagai bentuk gambaran umum mengenai sebuah karya ilmiah (arah, tujuan dan ruang lingkup), serta kalimat yang sangat relevan dengan seluruh isi karya ilmiah.

Bagaimana Judul Karya Tulis Ilmiah yang Baik?

Judul karya ilmiah biasanya ditulis menggunakan kaidah pedoman penulisan karya ilmiah dan EYD. Judul ditulis dengan pilihan kata yang tepat dan akurat yang digunakan dengan tujuan untuk menggambarkan karya tulis ilmiah secara keseluruhan. Piliha kata yang digunakan untuk membuat judul harus informatif dan menarik sehingga dapat mengundang minat pembaca. Seringkata, judul karya tulis ilmiah dibatasi jumlahnya. Hal ini bertujuan untuk membuat judul concice yang memiliki arti yaitu ringkat, jelas, singkat dan padat. Biasanya judul karya ilmiah tidaklebih dari 15 kata, dimana kata ini tidak termasuk kata depan dan kata sambung.

Setiap kata dalam judul karya tulis ilmiah harus mempunya makna yang berkesinambungan yang akan merujuk pada sifat concice. Hal ini akan meminimalkan kondisi terjadi tidak keberartian judul karena menghilangkan satu dua katanya.

Setiap jenis artikel tentunya akan mempunyai judul yang berbeda-beda yang nantinya akan merujuk pada jenis dan sifat artikel tersebut. Sifat-sifat judul karya ilmiah antara lain:

  • Berifat umum dan komprehensif

  • Berisfat lebih spesifk

  • Bersifat sangat spesifik

Judul seringkali diangkap sepele dan diabaikan. Namun pada dasarnya judul memiliki makna dan peran yang sangat krusial dalam hal menarik perhatian dan menjelaskan isi karya tulis ilmiah secara tepat dan keseluruhan. Semoga artikel ini membantu anda mengenai makna dan penulisan judul karya ilmiah yang baik dan benar. Baca juga artikel lainnya mengenai loker penulis artikel

Close