Bagaimana Cara Memasang Kode Iklan di WordPress?

Bagaimana Cara Memasang Kode Iklan di Wordpress?

Banyak yang akhirnya membuat website seperti di wordpress dengan tujuan untuk mendapatkan uang. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan ads. Namun, tidak semua mengetahui cara memasang kode iklan di wordpress.

Apakah Anda salah satunya? Jika iya, Anda tidak perlu malu karena ada banyak orang yang juga tidak mengetahuinya. Untuk itu, agar waktu Anda tidak terbuang percuma untuk berbasa-basi, simak cara memasang kode iklan di wordpress berikut ini.

Persiapan Sebelum Pasang Iklan

Di artikel ini, iklan yang dimaksud adalah iklan seperti google adsense. Maka dari itu, sebelum memasang iklan, Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke google adsense.

Setelah diterima, buat unit iklan adsense-nya, caranya:

  1. Masuk ke dashboard adsense dan pilih my ads di bagian atas.
  2. Pilih ad unit > new ad unit.
  3. Masuk ke pengaturan dan atur iklannya sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Klik save and get code. Nantinya akan ada pop up dengan code iklan. Salin code tersebut di wordpress Anda.

Cara Pasang Ads di WordPress

Sebelum Anda memasang ads di wordpress, akan lebih baik untuk mengetahui kondisi website Anda. Apakah website Anda memiliki banyak visitor atau tidak.

Bagaimana Cara Memasang Kode Iklan di WordPress?
Bagaimana Cara Memasang Kode Iklan di WordPress?

Apakah visitor itu berpengaruh? Tentu.

Tanpa visitor, iklan yang Anda pasang di website akan menjadi sia-sia. Jadi, semakin besar visitor Anda maka kesempatan untuk mendapatkan pendapatan dari iklan juga akan semakin tinggi.

(baca juga: cara buat desain logo di android)

Jika visitor Anda per harinya cukup tinggi, maka pemasangan iklan di website bisa Anda lakukan. Caranya, yaitu:

  1. Masuk ke dashboard website Anda.
  2. Pilih plugin > add new > plugin ad inserter.
  3. Klik install now dan active.
  4. Setelah itu masuk ke settings > ad inserter untuk mengatur plugin. Tambahkan kode iklan di layar hitam.
  5. Untuk proses pengaturan posisi iklan, Anda bisa klik di automatic insertion atau mencetang category pages, search pages, homepages, tag/archive pages.

Iklan juga bisa ditempatkan di widget. Caranya dengan masuk ke appearance > widget > ads insert.

Perlu menjadi catatan bahwa kode iklan setiap blok sebaiknya dibedakan. Jadi, Anda lebih mudah untuk mengelolanya misalnya mengganti iklan yang lama dengan yang baru.

Adakah cara lainnya untuk memasang iklan? Ada, yaitu dengan  2 plugin berikut:

  1. Google adsense buatan google dengan keunggulan seperti proses pengaturan yang cepat, mobile friendly, fleksibel. Jadi, Anda bisa menambahkan adsense ke wordpress Anda.
  2. Ad injection untuk integrasi iklan adsense di wordpress. Keunggulannya, selain bisa untuk memasang iklan Adsense, Anda bisa memasang iklan dari layanan lain. Keunggulan lainnya adalah, memasang iklan otomatis tanpa modifikasi postingan, bisa melakukan pengetesan.

Dengan cara memasang kode iklan di wordpress di atas, Anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. 

Close